FASILITAS

www.binadarma.ac.id

Fasilitas

LABORATORIUM DASAR

LABORATORIUM DASAR

Laboratorium Dasar Teknik Elektro adalah laboratorium yang membantu mahasiswa mempelajari dasar-dasar atau prinsip-prinsip teknik elektro elektro. laboratorium ini digunakan pada praktikum :

Pengukuran Listrik

Dalam perkuliahan ini dibahas percobaan/pengujian terhadap mesin-mesin listrik dan transformator beserta bagaimana cara instalasi penerangan rumah

Rangkaian Listrik Arus Bolak-Balik


Rangkaian Arus Bolak Balik  merupakan matakuliah wajib Program Studi Teknik Elektro yang diselenggarakan secara luring (offline) dan daring (online). Perkuliahan ini adalah proses pemanfaatan metode – metode analisa rangkaian sebagai salah satu sarana dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kelistrikan. Secara lebih spesifik, matakuliah ini diawali dengan mengevaluasi rangkaian listrik I, Penguat Kerja, Fungsi Eksitasi Eksponensial, Rangkaian Arus Bolak Balik Keadaan Mantap, Daya Dan Segi Tiga Daya, serta Gejala Peralihan. Materi – materi ini memberikan landscape konteks terhadap matakuliah secara keseluruhan. 

Dasar Elektronika

Mata kuliah dasar keahlian teknik elektro yang bertujuan untuk membekali kemampuan mahasiswa terhadap pengetahuan dan keterampilan dasar-dasar elektronika.

Rangkaian Logika dan Digital

Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang dasar – dasar system digital yang meliputi system bilangan, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika, rangkaian aritmatika digital, Perkuliahan akan memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang konsep – konsep system digital, bagaimana merancang system digital berdasar konsep – konsep yang ada


AULA

AULA

Kapasitas yang bisa ditampung dalam ruangan ini sebanyak 1000 orang. Ruangan ini dikhususkan untuk acara kampus seperti seminar nasional dan internasional, yudisium, pagelaran, job expo, dan lain-lain.

Ruang Kelas Refresentatif

Ruang Kelas Refresentatif

Ruang kelas dilengkapi dengan proyektor, dan AC.

Atrium

Atrium

Ruangan ini digunakan dalam rangka kegiatan-kegiatan kampus yang dapat dilihat secara jelas dari Lantai 7 hingga lantai ke-2. Kegiatan yang terkadang dilakukan mahasiswa yaitu kegiatan kewirausahaan.

Laboratorium Kontrol

Laboratorium Kontrol

 Laboratorium Kontrol merupakan salah satu laboratorium yang berada di Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Bina Darma. Laboratorium ini bergerak dibidang pengontrollan sebuah sistem yang sekaligus turut serta dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lebih jauh, pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai pengontrollan di dunia industri saat ini sangat lah pesat, dibutuhkan sebuah pengontrollan yang handal dan efisien.
laboratorium ini digunakan untuk praktikum :
MikrokontrollerMembahas tentang pengertian mikrokontroler, arsitektur mikrokontroler, perangkat set instruksi, sistem minimum mikrokontroler, sistem antarmuka, dasar pemrograman dan aplikasi sederhana sistem mikrokontroler
Dasar Sistem KontrolSistem control banyak digunakan pada dunia otomotif khususnya alat berat. dengan adanya sistem control yang digunakan akan mempermudah bagi seorang mekanik atau serviceman untuk melakukan troubleshooting atau menyelesaikan permasalahan yang ada pada unit dengan lebih mudah.Akan tetapi jika dilakukan oleh orang yang belum tahu akan menambah rumit suatu pekerjaan atau membuat permasalahan baru. Sistem control digunakan untuk mengontrol jalanya unit ataupun mengontrol operasi unit baik secara otomatis ataupun mekanikal.
Programmable Logic Control (PLC)Programmable Logic Controller atau lebih sering disebut PLC merupakan suatu controller / pengatur / pengendali yang bekerja berdasarkan logic / logika tertentu (if – then) yang dapat diprogram & diprogram ulang (programmable/ reprogrammable).
Sistem ScadaSistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) merupakan mata kuliah yang memebahas sistem kendali yang diterapkan pada industri dengan basis pengendalian dilakukan pada suatu sistem koputer. Beberapa hal yang dipelajari pada matakuliah ini diantaranya membahas mengenai pengenalan SCADA dan perangkat – perangkat pendukung saat SCADA dalam keadaan bekerja.


laboratorium konversi energi

laboratorium konversi energi


Dasar Konversi Energi
Dasar Sistem Telekomunikasi
Pengantar Robotika
Mikroprosesor


Bengkel Elektro

Bengkel Elektro


Karya Ilmiah
Perancangan Sistem Digital

Menggambar Teknik / PCB

konsep dasar dari menggambar teknik meliputi pengertian gambar teknik, jenis-jenis garis, format gambar, simbol-simbol elektronika, sampai dengan menggambarkannya pada PCB. Mahasiswa juga dikenalkan dengan beberapa macam perangkat lunak yang biasa digunakan untuk menggambar teknik sehingga mahasiswa dapat menggunakannya dalam keperluan dalam membuat layout rangkaian



Laboratorium Fisika

Laboratorium Fisika



Fisika Mekanik

Mata kuliah fisika mekanika bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan berpikir shopisticated (daya analisis yang sistematis) kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar mekanika, penerapan hukum fisika dalam bidang keteknikan dan merumuskan suatu karya inovatif (desain) terkait hukum - hukum fisika yang tercakup pada materi fisika


Fisika Listrik Magnet

Mata  Kuliah Fisika Listrik Magnet bertujuan  memberikan  pemahaman dan  kemampuan berpikir shopisticated (daya  analisis  yang  sistematis) kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar listrik dan magnet, penerapan-penerapan hukum fisika dalam bidang keteknikan dan  merumuskan  suatu  karya  inovatif (desain) terkait hukum-hukum  fisika.


Fisika Dasar
Fisika Industri


www.binadarma.ac.id

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Plaju Palembang, Sumatera Selatan, 30264

universitas@binadarma.ac.id

Contact