Untuk mewujudkan misi program studi, sasaran-sasaran kegiatan disusun sebagai target atau sasaran Program Studi Teknik Elektro dalam upaya mencapai tujuannya. Untuk menyelenggarakan pendidikan dan tri darma perguruan tinggi di bidang Teknik Elektro dengan memperhatikan kurikulum yang berbasis kompetensi dan untuk menciptakan proses belajar mengajar dengan pelayanan pendidikan yang berkualitas internasional melalui pemanfaatan teknologi informasi, ditetapkan sasaran-sasaran kegiatan sebagai:

Tujuan Program Studi Untuk Bidang Pendidikan dan Pengajaran:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif dan profesional yang mampu bersaing dibidang pengkajian teknik elektro dengan memanfaatkan teknologi informas
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan di bidang teknik elektro.

Tujuan Program Studi Untuk Bidang Penelitian:

Mengembangkan keilmuan dibidang teknik elektro untuk menghasilkan produk penelitian yang dapat diterapkan didunia kerja dan masyarakat.

Tujuan Program Studi Untuk Bidang Pengabdian Masyarakat

Memberikan informasi dan solusi dalam menyelesaikan permasalahan dibidang teknik elektro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi pencapaian keberhasilan penerapan visi, misi, tujuan dan sasaran ditentukan untuk kurun waktu sebelas (11) tahun dari tahun 2014 hingga 2025 dengan pembagian sebagai berikut :

  1. Satu (1) tahun pertama difokuskan pada perbaikan kualitas yang menyangkut akreditasi program studi, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Setiap dua (2) tahun berikutnya prodi mengevaluasi setiap masalah yang telah dilalui sampai tahun Pencapaian difokuskan pada pendidikan dan pengajaran, prestasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan bidang kemahasiswaan.

Sasaran – sasaran dicapai melalui implementasi strategi pencapaian sebagai berikut

1.    Peningkatan Kualitas dan Relevansi Pendidikan

   Kebijakan dibidang pendidikan diorientasikan untuk meningkatkan kualitas akademik, kepribadian dan berkemampuan profesional guna mencapai keunggulan kompetitif, perluasan kesempatan dan akses untuk memperoleh pendidikan secara utuh. Penyempurnaan dan pemantapan kurikulum, perbaikan mutu proses pembelajaran, serta pengembangan dan peningkatkan program sertifikasi profesi dengan memperkuat jejaring dan kemitraan dengan lembaga profesional regional, nasional, dan lnternasional.

2.   Peningkatan Kualitas dan Relevansi Penelitian

Kebijakan penelitian dan pengembangan difokuskan untuk mendorong tumbuhnya penelitian yang bermutu dan dikelola secara baik, sehingga melahirkan karya penelitian yang inovatif dan unggul serta dapat di implementasikan kepada masyarakat dan industri untuk memperoleh pengakuan secara, regional, nasional dan internasional.

Kebijakan di atas diwujudkan dalam sejumlah program sebagai berikut:
a.   Meningkatkan kualitas metodologi dan manajemen penelitian
b. Memfasilitasi pengembangan penelitian dan kelompok-kelompok penelitian berbagai disiplin ilmu.
c.  Mendorong pengembangan jejaring penelitian antar lembaga dan  tenaga pendidik di lingkungan Program Studi.
d.  Meningkatkan kerja sama dan penelitian bersama dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah daerah, dan
lembaga penelitian lainnya.
e.   Meningkatkan peran serta civitas akademika dalam penelitian ditingkat regional,   nasional dan internasional.
f. Mengembangkan sistem informasi penelitian dan hasil-hasilnya.

3.  Peningkatan Kualitas Pemanfaatan Pengabdian Pada Masyarakat

Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan dan kegiatan sosial. LPPM sebagai unit yang mengkoordinasi kegiatan ini telah melakukan beberapa kegiatan di lingkungan Universitas Bina Darma antara lain:

a.  Mendirikan rumah cerdas, pengenalan teknologi informasi ke sekolah – sekolah, taman bacaan dan beberapa pengabdian pada masyarakat dengan materi sesuai kompetensi Program Studi.

b. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan sumber daya pada masyarakat